jasa training digital marketing semarang

Training Digital Marketing Semarang

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis bagi sebuah perusahaan adalah memperkuat sumber daya manusia yang dimilikinya. Oleh karena itu, mengikuti  training digital marketing Semarang merupakan hal yang sangat penting.

Untuk dapat bersaing di era teknologi, maka semua gerak perusahaan, termasuk di dalamnya marketing akan menjadi digital. Di sinilah pentingnya penguatan karyawan, terutama unit pemasaran dalam bidang digital marketing.

Training Digital Marketing Semarang Terbaik

Training digital marketing Semarang merupakan salah satu pelatihan yang diselenggarakan sebagai bagian dari layanan Visionic.

Kami merupakan perusahaan konsultan IT dengan layanan yang meliputi Semarang dan sekitarnya. Jika ingin mendapatkan informasi lengkapnya bisa menghubungi website visionic.co.id.

Mengingat pentingnya keahlian digital marketing, maka melalui training tersebut diharapkan kemampuan karyawan untuk memasarkan produk atau jasa semakin meningkat. Pekerja yang memahami seluk beluk dunia digital tentu saja akan mempunyai benefit tersendiri.

Aktivitas digital marketing sendiri bukan hanya mempromosikan layanan perusahaan melalui media sosial,  tetapi lebih kepada bagaimana meningkatkan penggunaannya. Ada banyak bagian dari training digital marketing yang bisa dipelajari.

Dengan digital marketing yang tepat, tentunya akan membantu bisnis Anda lebih mudah ditemukan menggunakan mesin pencari oleh target market. Pemasaran menggunakan teknologi akan lebih efektif dan efisien, serta terukur dengan optimasinya.

Training Spesialisasi Digital Marketing Semarang dari Visionic

Berikut ini merupakan detail dari training digital marketing di Semarang dari Visionic:

  1. Pengertian Digital Marketing

Digital marketing merupakan kegiatan promosi barang atau jasa yang dihasilkan oleh sektor usaha, yang menggunakan  media digital. Dengan perkembangan zaman dan teknologi, maka penggunaan internet sangat diandalkan dalam proses digital marketing.

Meningkatnya penggunaan jaringan internet yang tanpa batas, ditambah dengan banyaknya platform baru yang bermunculan, maka fungsi pemasaran media digital pun berubah. Di era ini tidak hanya berlaku satu arah, melainkan dua arah pada saat yang bersamaan.

  1. Kelebihan Digital Marketing

Oleh karena lonjakan teknologi yang luar biasa, suka tidak suka, harus diakui bahwa banyak perusahaan yang mengalami gagap teknologi. Oleh karena itu dirasa mendesak untuk melaksanakan training digital marketing.

Pelatihan digital marketing tidak hanya sekedar memposting jasa tetapi lebih kepada bagaimana cara mengoptimalkan media sosial untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Salah satunya adalah bagaimana memaksimalkan media sosial untuk pemasaran.

  1. Biaya Training Digital Marketing Semarang

Menyelenggarakan training digital marketing bersama Visionic akan menghemat anggaran pemasaran yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Dengan sekali pelatihan, maka karyawan akan memiliki kemampuan sama dengan agen profesional di luar.

Jika dibandingkan dengan menyewa agen digital marketing professional yang biayanya mahal, maka budgeting training ini akan terasa lebih ekonomis. Tentu saja akan mengefisienkan alokasi anggaran perusahaan.

  1. Budgeting Marketing

Penggunaan media digital yang tepat, misalnya media sosial dan website akan membantu produk dan jasa yang ditawarkan mencapai pasar sesuai rencana. Jangkauannya juga tidak terbatas, melainkan sampai ke seluruh dunia.

Agar dapat berkompetisi, maka perusahaan harus memiliki strategi digital marketing yang lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor. Ada dua cara melakukannya, yaitu dengan SEO atau Search Engine Optimization dan iklan pada media sosial.

Kedua cara tersebut memakan biaya untuk mewujudkannya, namun perlu dilihat keefektifan penyampaian pesan pada pelanggan. Di sinilah metode promosi akan dipakai untuk menentukan budgeting marketing perusahaan.

Lihat Materi Training dari Visionic

  1. Komunikasi

Salah satu tujuan promosi merupakan mempertahankan pelanggan. Untuk itu, perusahaan harus mempertahankan kepercayaan pelanggan, dengan memberikan produk yang berkualitas tinggi. Tanpa itu, jangan berharap pelanggan akan menjadi loyal.

Pemanfaatan digital marketing memungkinkan perusahaan melakukan banyak hal dalam berkomunikasi dengan pelanggannya. Dengan terbukanya komunikasi dua arah, pelanggan lama akan merasa selalu dinomor satukan, yang pada akhirnya akan menciptakan loyalitas.

Manfaat lain dari komunikasi dengan pelanggan adalah adanya promosi yang diciptakan antara pelanggan dengan calon pelanggan, yaitu Word of Mouth Promotion”. Kuncinya hanya satu, yaitu menyediakan informasi yang dapat diakses tanpa batas.

  1. Media Komunikasi

Pada training digital marketing, karyawan tidak hanya dilatih menggunakan alat promosi yang sudah biasa dilakukan, namun lebih dari itu. Visionic sebagai perusahaan konsultan akan memberikan latihan bagaimana menggunakan saluran komunikasi secara efektif.

Visionic akan membantu bagaimana mengoptimalkan platform yang ada untuk dijadikan etalase bagi  produk perusahaan. Antara lain pemanfaatan Instagram, Twitter for Business, Google My Business. Tak lupa juga dengan aplikasi yang sedang hits, misalnya Tiktok Shop.

  1. Media Planning

Visionic akan membantu bagaimana tim pemasaran merancang strategi marketing yang sesuai dengan teknologi. Misalnya menggunakan hashtag research, analyze Instagram insight, dan Facebook branding. Selanjutnya, karyawan akan terlatih menggunakan Google Trends.

  1. Marketplace

Terkait dengan penggunaan marketplace atau yang lebih dikenal dengan toko online, Visionic akan memberikan insight bagaimana produk tersebut terlihat dan menonjol dibandingkan dengan produk sejenis.

Marketplace yang biasa digunakan bagi pelanggan di Indonesia antara lain adalah Tokopedia dan Shopee. Tak hanya membuka toko online saja, tetapi bagaimana mengoptimalkan SEO pada toko online tersebut agar produk mudah dilihat oleh pembeli secara organik.

  1. Memilih Target Pasar

Salah satu materi training digital marketing Semarang adalah memilih target pasar atau calon pelanggan yang spesifik (product market fit). Hal ini tidak dapat dilakukan menggunakan cara pemasaran tradisional.

Lihat Strategi Pemanfaatan Trend Market di TikTok

Metode marketing tradisional tidak memberikan banyak opsi tentang target pasar yang akan dituju. Jika dibandingkan dengan digital marketing, pelaku pemasaran harus mengakui bahwa tingkat efisiensinya jauh lebih rendah.

Perilaku konsumen pada era ini sedikit berubah, yaitu mereka akan mencari informasi sejelas mungkin tentang produk yang akan digunakan. Hal yang menjadi tambahan adalah untuk mendapatkan informasi secara detail pelanggan  tidak perlu meninggalkan rumah, atau bahkan bisa sambil pergi berlibur.

Hal itulah yang tidak dapat ditawarkan oleh pemasaran tradisional. Dengan begitu, segmen pasar akan lebih luas dan tak terbatas. Produk dan jasa yang ditawarkan akan dipromosikan secara efektif dengan menggunakan biaya yang sama.

  1. Pengukuran Efektivitas Promosi

Salah satu keunggulan dari penggunaan media digital marketing adalah tersedianya alat ukur yang dapat menghitung sejauh mana keefektifan promosi tersebut. Perusahaan dapat mengawasi kinerja promosi dan isi konten pada waktu tertentu.

Bahkan lebih dari itu, perusahaan dapat memperoleh informasi yang dibutuhkan sebagai dasar untuk membuat keputusan. Divisi marketing dapat mengetahui trafik dari jumlah orang yang melihat ataupun berinteraksi dengan promosi dan konten tersebut.

Bahkan, digital marketing dapat melihat profil pelanggan dan calon pelanggan yang ada. Dengan membuat profiling, maka konten iklan selanjutnya akan lebih spesifik untuk membidik target pasar.

Metrik yang digunakan dapat juga melihat platform media sosial mana yang lebih mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk tersebut. Dengan demikian, interaksi perusahaan dengan calon konsumen dapat ditingkatkan.

Dengan banyaknya pilihan dan manfaat digital marketing,  maka perusahaan harus mengalokasikan dana untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam pemanfaatan digital marketing. Jika tidak, akan sangat sulit bersaing melampaui kompetitor.

Bagi perusahaan di Semarang dan sekitarnya dapat mengadakan training digital marketing Semarang bersama dengan Visionic. Kami adalah Konsultan IT dan marketing digital yang berpengalaman dalam bidang digital marketing. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top